Provinsi dapat mencetak naskah soal Ujian Nasional

wakil menteri pendidikan dan kebudayaan, musliar karmin, mengatakan pengadaan naskah ujian nasional (un) dapat diadakan pada setiap provinsi. sederhana saja, supaya mencegah keterlambatan penyalurannya supaya tak terjadi penundaan pelaksanaan.

hal itu bisa diselenggarakan, sepanjang tender lelang pengadaan naskah un diatur sendiri tidak menyimpang daripada ajaran pelelangan internet dan tengah berlaku, papar karmin, ketika mengerjakan diskusi bersama wali kota kupang, jonas salean, dalam kupang, selasa.

karmin berada di kupang seusai memantau pelaksanaan un 2013 tingkat smp/mts/smp luar biasa masing-masing di tiga kabupaten perbatasan indonesia melalui timor timur, yaitu kabupaten belu, kabupaten timor sedang utara, serta kabupaten timor sedang selatan.

dia mengatakan, pengadaan naskah un saat ini mengikuti regulasi dan sistem pelelangan secara internet yang berlaku pada negara ini, makanya kemungkinan untuk dicetak pada provinsi masing-masing sangatlah besar.

Informasi Lainnya:

terkecuali pencetakan naskah un diberlakukan khusus pada luar regulasi dan banyak, oleh karenanya bisa digelar dalam semua provinsi selama indonesia, ujarnya.

salean mengatakan, seharusnya pemerintah pusat bisa lebih luwes memberikan kebijakan kepada semua gubernur dalam semua provinsi, sebagai wakil pemerintah pusat dalam daerah untuk melakukan pencetakan naskah un selama masing-masing daerah.

menurut dia, keuntungan tersebut, hendak lebih menyerahkan faedah juga tidak mengganggu stabilitas psikologis setiap siswa, manakala kondisi penyaluran naskah tidak keliru waktu.