London siaga hadapi pesta rayakan kematian Thatcher

polisi berjaga-jaga sabtu ini dalam london demi menghadapi kumpulan massa penentang margaret thatcher yang akan merayakan kematian mantan perdana menteri inggris itu dalam lapangan trafalgar.

walikota london boris johnson menyampaikan bagian berwenang telah bersiap menghadapi kemungkinan kekerasan sesudah kerusuhan meledak dalam sejumlah jalan belum berlalu dalam pekan ini.

kekerasan inilah yang mendasari pengamanan ketak dalam pemakaman si hawa besi pada ibukota london rabu pekan nanti yang akan dihadiri ratu elizabeth ii, perdana menteri david cameron juga 2.000 undangan, tergolong para pemimpin politik serta dunia.

mantan calon presiden as daripada kubu republik newt gingrich, tim berners-lee sang penemu world wide website, perdana menteri kanada stephen harper juga mantan perdana menteri australia john howard adalah diantara tamu yang bakal menghadiri pemakaman thatcher.

Informasi Lainnya:

tak banyak demonstrasi formal dan terorganisasi sabtu ini, namun hampir 1.500 orang telah berjanji pada facebook untuk menghadiri pesta 'thatchers dead pada lapangan trafalgar pukul 6 sore masa setempat (produk 12 dini hari wib nanti).

para wakil buruh tambang yang melawan thatcher di 1985, berencana menjelajah ibukota bersama mahasiswa serta kelompok-kelompok kiri, lapor koran the guardian seperti dikutip afp.

juru bicara scotland yard menyampaikan kaum petugas sudah menikmati sederat orang yang menyatakan ingin ambil pihak pada demonstrasi sabtu ini.

walikota london mewanti-wanti polisi agar tak menggunakan kekerasan dalam menghadapi demonstrasi ini.

kita hidup selama alam demokrasi dalam mana orang berhak untuk unjuk rasa, mereka berhak bersenang-senang dan melakukan apa yang diinginkannya, kata johnson kepada radio lbc mengenai aksi dalam lapangan trafalgar itu, demikian afp.