Korea Selatan-AS perpanjang kerja sama nuklir

korea selatan serta amerika serikat (as) sepakat memperpanjang kerja sama nuklir tujuan damai pada dua tahun.

korea selatan berharap perpanjangan itu memungkinkan seoul mencari bahan bakar nuklir sendiri.

perjanjian dan ditandatangani selama 1974 tersebut hendak berakhir tahun depan.

perpanjangan perjanjian disepakati supaya memungkinkan lebih ada perundingan tentang topik hangat dan memungkinkan korea selatan memroses ulang batang bahan bakar yang dimanfaatkan.

Informasi Lainnya:

kedua belah bagian mencapai kesepakatan ternyata terkait upaya mengubah kesepakatan yang ada pada dua tahun dengan alasan mereka membutuhkan lebih ada masa, tutur juru bicara kementerian luar negeri cho tai-young semisal dikutip afp.

korea selatan berpendapat pihaknya perlu memproduksi bahan bakar nuklir sendiri agar memenuhi pemakaian 23 reaktor dan menawarkan sepertiga daripada pemakaian energi serta menguras stok batang bahan bakar bekas dan dikatakan telah mencapai kapasitas penuh.

amerika serikat sudah menolak melalui alasan proliferasi, karena pengolahan terserah menghasilkan cadangan plutonium terpisah yang kemudian mampu diperkaya ke tingkat dan memadai agar senjata.

korea selatan sudah mengusulkan jenis pemrosesan pyro, teknik baru yang dianggap kurang kondusif agar proliferasi karena menyisakan plutonium terpisah dan bercampur dengan senyawa fisil tidak berbahaya.

topik dan memungkinkan korea selatan agar memproduksi bahan bakar nuklir sendiri adalah lebih serius seiring dengan upaya korea utara menyebabkan program senjata nuklirnya.

hal tersebut sudah menyebabkan meningkatnya seruan daripada kelompok minoritas berpengaruh selama korea selatan agar negara tersebut mampu melakukannya sendiri dari terus bergantung pada payung nuklir as.