Obama berbicara dengan Karzai pascaserangan NATO

presiden amerika serikat barack obama, selasa, melakukan pembicaraan melalui presiden afghanistan hamid karzai, dan menurut para pejabat disebut sebagai sebuah konsultasi biasa, tiga hari sesudah serangan udara nato yang menewaskan 11 putri afghanistan.

gedung putih mengumumkan pembahasan itu namun tak mengatakan apakah obama membahas mengenai serangan itu, yang mengakibatkan jatuhnya korban jiwa dari kalangan sipil juga sudah membeli marah karzai serta kembali menguji hubungan kabul serta washington.

sebuah pernyataan gedung putih menungkapkan bahwa kaum pemimpin membahas transisi keamanan dari nato pada pasukan afghanistan juga upaya perdamaian serta pengakuan pimpinan afghanistan.

presiden karzai menegaskan dukungannya kepada proses inklusif untuk mempersiapkan pemilihan umum afghanistan pada 2014, juga para pemimpin melaporkan bahwa pemilihan umum yang bebas, adil, juga kredibel akan penting kepada waktu depan afghanistan dan berlanjutnya dukungan internasional, tutur pernyataan tersebut, menurut afp.

obama memuji pembahasan karzai baru-baru ini dengan emir qatar perihal kemungkinan membuka kantor taliban selama negara teluk itu agar menyebabkan upaya rekonsiliasi dalam afghanistan.

Informasi Lainnya:

karzai sementara tersebut menyampaikan bahwa ia menyambut bagus serah terima kendali penjara bagram bulan 2012 pada afghanistan. penjara itu acapkali menjadi sumber ketegangan diantara washington dan kabul.

para pemimpin berkomitmen kiranya tim mereka ingin selalu menjaga tahanan membahayakan tidak terlibat pada medan perang juga bekerja sama di kemitraan dalam fasilitas itu, konsisten melalui kedaulatan afghanistan.

pembicaraan telepon diantara obama juga karzai tersebut dilakukan setelah pemimpin afghanistan tersebut di hari minggu sangat mengutuk serangan nato di provinsi kunar dan berbatasan dengan pakistan dan menurut kaum pejabat afghanistan sudah menewaskan 11 anak-anak.

setelah suatu serangan udara di februari kemarin yang menewaskan 10 masyarakat sipil, ada besar hawa dan anak, karzai melarang pasukan keamanan afghanistan agar melakukan serangan udara nato.

namun tak gamblang apakah larangan itu sudah dijalankan, juga ada operasi dilakukan bersama-sama dengan pasukan nato dan afghanistan.

serangan terbaru itu terjadi sehari setelah sedikitnya lima orang penduduk amerika serikat, tergolong betul diplomat hawa muda, tewas dalam dua serangan taliban di timur juga selatan negara tersebut, itulah seperti dan dilaporkan dengan afp.