Kepala BNP2TKI: KBRI Qatar cekatan tangani TKI

kepala badan nasional penempatan serta perlindungan tenaga kerja indonesia (bnp2tki), moh jumhur hidayat, memuji kedutaan besar ri (kbri) di qatar karena cekatan keluar dari masalah tki juga tekun mempromosikan potensi tki di negara tersebut.

kbri qatar bahkan amat proaktif mengupayakan beriklan tki formal pada berbagai sektor perhatian melalui menggandeng pengguna perusahaan serta kelompok masyarakat agensi perekrut tenaga kerja asing. hal ini pasti upaya signifikan ke arah penetrasi pasar kerja pada qatar supaya para tki formal berkualitas, ujar jumhur di yogyakarta, jumat.

ia menceritakan dalam kunjungan kerjanya selama qatar, minggu-rabu (31 maret - 3 april) lalu, telah menikmati langsung aspek penanganan tki dengan kbri di qatar dan tergolong menarik serta terencana terutama dalam menuntaskan semua permasalahan tki plrt.

di bawah kewenangan duta besar ri pada qatar, deddy saiful hadi, tingkat permasalahan tki plrt yang mengadu serta dibuat tki kaburan ke kbri betul-betul mendapat memperhatikan serius, sehingga kasus para tki tak menumpuk di shelter/penampungan kbri, jelas jumhur.

Baca Yang Lain: Pembuatan Toko Online - Jasa Pembuatan Toko Online Murah - Jasa Pembuatan Toko Online - Jasa Pembuatan Toko Online

menurut dia sedikitnya 50 tki plrt dalam setahun merupakan tki kaburan yang datang ke gedung kbri qatar, dengan beragam persoalan mulai gaji tak dibayar, korban kekerasan fisik, pelecehan seksual, perhatian tidak pas perjanjian kerja, akibat kasus di tempat kerja/rumah majikan, sakit, dan sebagainya.

kbri qatar, papar jumhur, tidak sudah mengabaikan kasus-kasus tki plrt dan terjadi di negara itu. dengan demikian, persentasi tki bermasalah pada kbri pun kerap teratasi selama masa singkat sebab telah ditangani dengan prosedur segeralah, sigap, serta efisien.

kbri qatar sangat peduli dengan seluruh masalah tki, termasuk aktif mengerjakan pemulangan para tki bermasalah ke tanah air bila mesti dengan skema penyelesaian di tanah air, ujarnya.

sementara tersebut, di melayani kehadiran para tki formal, kbri dipandang jumhur mampu berperan aktif serta komunikatif dengan penciptaan forum-forum kekeluargaan, karenanya tak heran kbri qatar dibaratkan properti nyaman terhadap kaum tki formal yang tersebar pada seluruh qatar.

berdasarkan data pusat penelitian, pengembangan, juga Informasi (puslitfo) bnp2tki, kurang lebih 32 ribu tki berada pada qatar melalui ada besar terdiri tki plrt juga sisanya berusaha pada perusahaan perminyakan, gas, keperawatan, hospitality, dan jasa keuangan.

jumhur mengatakan qatar sejauh ini tambah besar pesat di kemajuan teknologi, pembangunan infrastruktur, pusat bisnis, juga lebih istimewa dibuat kawasan termaju pada negara-negara teluk yang banyak selama timur sedang.

qatar berpenduk 1,8 juta jiwa melalui masyarakat betul berkisar 350 ribu orang, selebihnya mewakili para imigran seperti india, pakistan, asia, juga afrika. qatar serta negara dengan pendapatan perkapita tertinggi selama dunia yaitu 106.000 usd per tahun.

selain berkoordinasi selama menangani permasalahan tki plrt melalui kbri qatar, jumhur juga meninjau kaum tki plrt bermasalah dan banyak dalam kbri, berdialog dengan para tki sektor formal meliputi kewajiban penggunaan kartu tenaga kerja luar negeri (ktkln) agar semua tki, juga menggelar sejumlah pertemuan dengan unsur pemerintah, qatar chambers of commerce and industry, dan bagian agensi perekrut tenaga kerja asing guna memperluas peluang penempatan tki berkemampuan formal dalam qatar.