Indonesia siap ambil alih teknologi-manajemen Inalum

pemerintah indonesia siap mengikuti alih teknologi dan manajemen berbagai kepemilikan saham pt indonesia asahan aluminium (inalum) daripada jepang yang dalam 30 tahun sebagai pemegang saham paling besar juga ingin berakhir kontrak kerjasamanya pada 30 oktober 2013.

kita tidak bergantung dengan jepang serta siap meneruskan pembangunan pt inalum dengan bumn mulai 1 nopember 2013, tegas direktur umum serta sumber daya manusia pt inalum, nasril kamaruddin, selama kuala tanjung, kabupaten batubara, sumatera utara, sabtu.

nasril ditemani direktur usaha, ss sijabat, serta direktur produksi, harmon yunaz, ketika mendampingi para jurnalis yang melihat langsung operasional pabrik peleburan aluminium adalah ingot (aluminium batangan) di tanjung gading serta ke pembangkit listrik tenaga air (plta) asahan ii selama sigura-gura paritohan.

sejak '90-an operasional pt inalum dan berdiri 6 januari 1976, berdasarkan kamaruddin, sebenarnya sudah semuanya ditangani putra-putra indonesia. sampai kini tak bergantung lagi melalui tenaga ahli daripada jepang, bahkan sistem perawatan pabrik terpeleihara dengan bagus.

Informasi Lainnya:

pt inalum mempertahankan produksi secara efektif 225.000 ton aluminium batangan pertahun serta kapasitas produksi plta sebesar 426 mw. kepemilikan sahamnya 41,12 persen pemerintah indonesia juga nippon asahan aluminium 58,88 persen.

justru jepang cemas nanti pt inalum tidak mau dulu mengunakan suku cadang pabrik dan pembangkit listrik dari jepang, ujar kamaruddin.

lihat sendiri perawatan pabrik peleburan juga plta asahan ii telah digunakan 30 tahun, tapi terlihat masih masih serta tetap beroperasi dengan menarik. maka tidak banyak dan perlu disibukkan terlebih diisukan hendak adalah besi tua kalau diserahkan ke indonesia, tutur dia.

menjelang pengambi alihan pt inalum oleh pemerintah indonesia, kinerja perusahaan peleburan aluminium satu-satunya pada indonesia ini berjalan melalui bagus dan lancar.

inalum secara usaha ketika ini dinilai amat terjamin keamanannya serta meninggalkan prospek yang menarik serta menguntungkan. telah melunasi hutang investasi dari 2011 juga meraih laba bersih 878 juta dolar amerika serikat sejak 2004-2012 serta rata-rata 97,5 juta dolar amerika serikat pertahun.

dia menambahkan, perusahaan sejak awal operasi tetap berkomitmen agar menjalin hubungan dan harmonis melalui penanggung jawab amanah mengenai juga memberikan manfaat pada lingkungan, semisal web bantuan pendidikan, keagamaan, kesehatan, kepemudaan, ekonomi dan kontribusi terhadap negara/daerah.